"Ketika pena telah diangkat, dan lembaran-lembaran telah mengering..."

Mengubah Alamat IP tanpa Reboot dan Default Gateway pada Solaris 10 OS

Kali ini saya akan melanjutkan postingan Saya yang berkategori : 2009 for Solaris OS (Unix based) , Kemarin sudah dimulai dari Installation dan kali ini coba-coba untuk report basic Network Administration-nya, sudah selayaknya donk seorang Network Administrator harus bisa memahami " How to change IP Address " dan How to change Default Router ".


Mengubah alamat IP pada Solaris 10 server, memiliki sedikit perbedaan (banyaknya file yang di maintaned) dari versi sebelumnya dari Solaris 9, Solaris 8 dan lain-lain.


Pada versi Solaris OS sebelumnya, kita terlebih dahulu perlu mengubah file /etc/hosts dan /etc/inet/hosts, untukkemudian menambahkan alamat IP dan hostname .


Contoh :




(Gambar 1.0 snapshot file /etc/inet/ipnodes)





Begitupun juga di Solaris 10 kita juga harus mengubah file /etc/hosts yang mempunyai hubungan symbolic link pada file /etc/inet/hosts dan tambahan satu file lagi yaitu /etc/inet/ipnodes dengan menambahkan alamat IP beserta hostname juga tentunya , dan ketika kita telah mengedit salah satu file maka file symlinc yang lain akan ikut berubah secara otomatis.


(Gambar 1.1 snapshot file /etc/inet/ipnodes update)


Biasanya untuk mengubah Kernel dalam keadaan standby, tambahkan juga beberapa perintah berikut ( dalam hal ini saya juga menambahkan netmask, sesuai dengan subnetting yang kita tentukan).


#ifconfig pcn0 192.168.10.1 netmask 255.255.255.240 up


Kemudian setelah itu, coba kita restart network dengan menggunakan perintah :


#svcadm restart network/physical


Iihat apakah ada perubahan pada table routing :



(Gambar 1.2 snapshot tabel routing)


Walaupun file /etc/inet/ipnodes adalah primary untuk IPv6 saja, tanpa menambahkan suatu alamat IP, maka alamat IP (IPv4) tidak akan dapat aktif, dan ini terlihat menjadi suatu masalah, namun berita baiknya hal ini sekarang sudah diperbaiki untuk Solaris 10 U4 (08/07 build).


Lalu bagaimana cara untuk mengubah Alamat IP gateway, hmmm... mungkin terlebih dahulu mari kita lihat table routing berikut dan dimana letak file tersebut di maintained (diperbaharui):


/etc/defaultrouter [IPv4 only] (letak file command default router)


Sebelum kita menambahkan alamat IP gateway yang baru, terlebih dahulu kita harus menghapus alamat IP gateway yang sedang aktif:


# route delete default 202.100.10.1


Lalu Tambahkan alamat IP gateway yang baru :


# route add default 192.168.10.14


Cek Kembali routing tabel :


#netstat -rn




(Gambar 1.2 snapshot tabel routing update)



Terlihat pada snapshot bahwa Alamat IP default gateway telah berubah menjadi 192.168.10.14/28


-selesai dan selamat mencoba-


by : Zaid Amin
Share:

No comments:

Post a Comment

Insan Agung

Popular Posts

Powered by Blogger.